Search for collections on Repository ASMI Santa Maria Yogyakarta

IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL OF THE TRANSACTIONAL TEXT BY USING MULTI-PICTURE MEDIA

Hastuti, Sri (2021) IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL OF THE TRANSACTIONAL TEXT BY USING MULTI-PICTURE MEDIA. Caritas pro Serviam, 42 (1). ISSN 1410 4547

[img] Text
2. CARITAS MEI 21 SRIHASTUTI.pdf

Download (316kB)
Official URL: http://asmistmaria.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks transaksional Bahasa Inggris dengan menerapkan media multigambar di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menerapkan empat tahap kegiatan untuk setiap siklus yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan 2 pertemuan untuk setiap siklus. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah I Pundong Bantul pada tahun pelajaran 2018/2019 semester 1. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. Obyek penelitian adalah kemampuan menulis teks transaksional tulis meminta dan memberi informasi terkait keberadaan benda, dan binatang (Kompetensi Dasar no. 4.6. kelas VIII semester 1). Data dikumpulkan melalui penilaian unjuk kerja, tes tulis, observasi kelas, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari meningkatnya tingkat partisipasi atau keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Persentase keaktifan siswa di siklus 1 sebesar 84 %, meningkat di siklus 2 menjadi 97 %. Sementara itu, peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan pengingkatan hasil unjuk kerja siswa, yaitu dengan prosentase dari siklus 1 sebesar 74 % menajdi 87 % di siklus 2. Peningkatan juga terjadi pada nilai rata-rata penilaian unjuk kerja yaitu dari 73 pada siklus 1 menjadi 75 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar juga ditunjukkan dengan hasil tes tulis pre tes dengan persentase ketuntasan 35 % dibandingkan pos test 74 %, sehingga terdapat kenaikan sebesar 39 %, meskipun belum mencapai ketuntasan yang ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media multigambar dalam pembelajaran teks tulis dapat meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Inggris siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah I Pundong Bantul.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterampilan menulis, teks transaksional, multigambar, media
Subjects: 520 Ilmu Bahasa > 521 Ilmu Linguistik
Depositing User: Mr. Admin Repo ASMI St Maria
Date Deposited: 23 Feb 2022 06:42
Last Modified: 23 Feb 2022 06:42
URI: http://repository.asmistmaria.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item